Kamis, 11 Oktober 2012

Waspada Penyakit Pancaroba

Waspadai Penyakit Pancaroba ~ Waspadailah penyakit pada Musim ini, 
penyakit² yang datang pada saat Musim ini

1. Flu
Gejala-gejala Flu seperti demam, batuk, pilek, kedinginan (menggigil), nyeri otot, sakit kepala, dan kelelahan. Flu dapat ditularkan dari batuk atau bersin penderita Flu serta kontak dengan permukaan yang terkontaminasi virus influenza.

2. Diare
Infeksi bakteri, parasit, dan virus pada saluran pencernaan yang masuk lewat makanan/minuman kerap diidap anak dan balita karena sistem kekebalan tubuhnya yang belum optimal.

3. Disentri
Gejala utamanya berupa diare seperti BAB yang disertai lendir maupun darah dan biasanya disertai demam.Disentri disebabkan oleh infeksi bakteri Shigella, E.Coli, Salmonella dan Campylobacter jejuni. Penyakit ini perlu segera ditangani dokter karena bisa menyebabkan komplikasi.

4. Demam Berdarah Dengue
Di awal infeksi orang yang menderita DBD akan mengalami demam disertai sakit kepala, sakit perut, dan nyeri sendi mirip dengan gejala flu. Namun bila sudah beberapa hari kondisi tubuh penderita biasanya semakin lemah. Dapat muncul perdarahan spontan pada kulit berupa bintik-bintik merah (disebut petekhie), mimisan, perdarahan gusi dan lain-lain.

5. Tifus dan Paratifus
Kuman Tifus banyak berada di dalam air kotor dan tergenang maupun tanah, dapat berpindah kemakanan/minuman dan masuk ke dalam saluran pencernaan.Kemudian menjadi penyebab radang usus halus, menimbulkan gejala demam tinggi, menggigil, rasa lemah/letih, sakit perut, hilang nafsu makan dan terkadang disertai, mual muntah.

Diperlukan pemeriksaan laboratorium untuk memastikan diagnosisnya. 

1 komentar: